Cara Menulis Bio Musisi yang Efektif (dengan contoh!)

Cara menulis bio musisi yang efektif dengan contoh-contoh
Salah satu halaman paling penting di situs web Anda adalah halaman bio Anda. Mari kita hadapi itu - meskipun Anda mungkin hebat dalam membuat melodi dan lirik, sulit untuk menulis tentang diri Anda sendiri! Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi ini adalah cara yang sangat penting untuk membuat band Anda terlihat profesional.
Biografi yang bagus akan menciptakan kesan pertama bagi banyak pengunjung situs web Anda, jadi buatlah yang bagus. Ini akan membantu mengubah pengunjung Anda menjadi penggemar, serta memberi blogger dan media rasa tentang siapa Anda.
Jadi elemen apa yang Anda butuhkan untuk membuat bio musisi yang efektif?

1. Melibatkan pengantar

Buat beberapa catatan di selembar kertas untuk memulai. Catat nama Anda, dan dari mana Anda berasal. Tambahkan seperti apa suara Anda, kemudian pengaruhnya. Ini akan membantu Anda membentuk satu atau dua kalimat sebagai pengantar. Buat itu menarik, dan ringkas.
Pikirkan juga tentang nada. Tergantung pada gaya musik Anda, dan kepribadian Anda, Anda mungkin ingin menyuntikkan humor ke dalam bio Anda.

2. Informasi latar belakang

Sertakan beberapa informasi latar belakang yang relevan, termasuk riwayat musik Anda, tetapi tetap singkat. Anda ingin memastikan agar pengunjung Anda tetap terlibat - jangan sampai kehilangan mereka dengan paragraf teks yang panjang.
Anda ingin menulis bio Anda sebagai orang ketiga. Ini akan membuatnya cepat untuk memindai dan memahami, dan juga akan membantu dengan optimasi mesin pencari ( SEO ) situs web Anda Ini juga memungkinkan media, blogger, dan tempat untuk hanya menyalin dan menempelkan bio Anda jika diperlukan.
Contoh situs web musisi musisiArtis: Redwood Son

3. Deskripsi musik Anda

Meskipun sebagian besar penggemar Anda akan tahu, blogger musik mungkin belum memiliki selera suara Anda. Tambahkan deskripsi singkat tentang seperti apa musik Anda.
Mungkin sulit untuk memasukkan suara Anda ke dalam genre, tetapi cobalah untuk menggunakan beberapa kata yang dapat digunakan orang untuk menempatkan Anda.
Kemudian, bicarakan tentang apa yang sedang Anda lakukan dengan musik Anda. Apakah Anda baru saja pergi ke studio? Merilis single? Menulis lagu bersama artis lain?
Pilih yang paling relevan, dan hal-hal terbaru yang telah Anda lakukan dengan musik Anda, dan tambahkan itu ke bio Anda.
Buat situs web profesional, siap seluler dalam hitungan menit yang mudah diperbarui dan dirawat. Bangun situs web musik Anda dengan Bandzoogle hari ini!

4. Sorotan dan prestasi karier

Pikirkan semua yang telah Anda capai dengan musik Anda. Sudahkah Anda membuka band terkenal, atau memainkan festival besar? Sudahkah Anda memetakan di radio atau sukses di streaming platform musik? Pernah dinominasikan untuk penghargaan?
Buat daftar pencapaian Anda. Kemudian pilih dua atau tiga item yang paling mengesankan, dan sertakan di bio band Anda.
Jangan membesar-besarkan atau memperindah - berpegang teguh pada fakta, dan menyajikannya dengan cara yang positif.
Contoh situs web musisiArtis: Jason Tom

5. Kutipan media

Melontarkan kutipan dari peninjau untuk membantu menggambarkan suara Anda, atau album terbaru Anda, akan memberikan beberapa otoritas kepada bio Anda. Ini cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa orang lain berbicara secara profesional tentang musik Anda.
Jika Anda tidak memilikinya, tidak apa-apa - ingatlah untuk masa depan.

6. Informasi terkini

Selalu perbarui halaman bio Anda dan EPK dengan proyek baru, rilis, kolaborasi, atau tur mendatang. Pastikan untuk menambahkan prestasi baru saat karier Anda bergerak maju.
Contoh situs web musisi musisiArtis: Jon Hart

Contoh musisi bios

Masih merasa mandek? Contoh musisi bio mungkin sedikit seperti ini:
Pengantar cepat. Sebutkan nama Anda, gaya musik Anda, dan pengaruh Anda.
Pindah ke beberapa latar belakang. Sebutkan berapa lama Anda telah bermain, band-band yang telah Anda mainkan, dan satu atau dua pencapaian yang menonjol.
Akhiri dengan apa yang Anda lakukan saat ini. Ini bisa tur, merekam, menulis, atau menyebutkan album terbaru Anda.
Biografi Anda akan berbeda jika Anda seorang artis solo, atau menulis untuk sebuah band. Berikut adalah beberapa contoh masing-masing jenis untuk memberi Anda beberapa inspirasi:
Kaia Kater memiliki halaman bio yang efektif yang menghubungkan brandingnya dengan gambar, kutipan, dan teks ringkas.
Beatboxer Jason Tom juga memasukkan banyak informasi di halaman Biografinya, memisahkan bagian teks dengan warna dan gambar.
Covenhoven adalah contoh lain dari halaman bio ramping dengan beberapa teks hebat yang membangun kisahnya.
Biarawan situs web musisi CovenhovenArtis: Covenhoven
Elena & Los Fulanos memiliki halaman bio band penuh yang hebat dengan teks bilingual untuk setiap anggota band, ditambah gambar dalam kolom yang bersih.  
Acoustic troubadour The Original Waysiders menyediakan bio band, kemudian memecah gaya musik masing-masing anggota.
Duo penulis lagu Kanada Twin Flames melakukan hal serupa. Mereka berbicara tentang band mereka di bagian atas halaman bio, mencatat penghargaan mereka, kemudian memecah hal-hal untuk setiap anggota.
Sekarang setelah Anda selesai menulis bio musisi Anda, periksa ejaan Anda. Kemudian periksa lagi. Pastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan ketik!
Dengan tips ini, Anda akan dapat membuat bio musisi yang efektif yang mengesankan dan mudah dibaca.

Bagikan pemikiran Anda

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Website Musik

Cara Mempromosikan Karya Musik Secara Online

Template Website Musik